Polisi Sri Lanka Sapu Bersih 140 Tersangka Teror Bom Paskah

Polisi Sri Lanka Sapu Bersih 140 Tersangka Teror Bom Paskah
Polisi Sri Lanka berjaga di dekat salah satu lokasi serangan bom Paskah. Foto: AFP

jpnn.com, KOLOMBO - Otoritas Sri Lanka mengklaim bahwa tersangka serangan bom Paskah sudah tersapu bersih. Puluhan orang yang dinilai masuk jaringan National Tawheed Jamaath (NTJ) atau Zahran Hashim sudah ditangkap atau tewas. Pemerintah berharap penduduk bisa sedikit melepas ketakutan dan mulai beraktivitas.

Plt Kepala Kepolisian Sri Lanka Chandana Wickramaratne mengatakan, semua orang yang terlibat dalam ledakan tiga gereja dan tiga hotel sudah tak lagi memberikan ancaman. Tokoh-tokoh utama sudah dilumpuhkan untuk mencegah serangan susulan. Terutama, dua perakit bom yang memegang peran terbesar dalam serangan tersebut.

"Mereka sudah terbunuh. Juga, kami menyita semua bahan peledak yang mereka simpan untuk serangan di masa depan," terang dia kepada Agence France-Presse kemarin, Selasa (7/5).

BACA JUGA: Imbas Teror Paskah, Puluhan Rumah dan Toko Warga Muslim Sri Lanka Dirusak

Pria yang baru saja diangkat Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena sebagai Plt kepala kepolisian itu tak menyebutkan berapa di antara 140 tersangka serangan bom yang berada di tangan pihak berwenang.

Namun, Jubir Kepolisian Ruwan Gunasekera mengatakan bahwa 73 orang, termasuk 9 perempuan, sedang ditahan aparat. "Kondisi keamanan sudah berangsur membaik," ungkap dia.

Wickramaratne menyimpan harapan. Dia ingin aktivitas warga negara pulau tersebut kembali seperti semula. Dua minggu pasca serangan, masyarakat masih takut untuk pergi ke luar rumah. (bil/c11/dos)


Tersangka serangan bom Paskah sudah tersapu bersih. Puluhan orang yang dinilai masuk jaringan National Tawheed Jamaath (NTJ) atau Zahran Hashim sudah ditangkap atau tewas


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News