Politikus Golkar: Setop Pemberedelan Media

Politikus Golkar: Setop Pemberedelan Media
Ahmad Doli Kurnia. Foto: dok/JPG

jpnn.com - JPNN.com - Sikap pemerintah menghadapi beragam informasi yang disajikan portal media online disoroti kritis oleh politikus partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Dia mengatakan upaya pemerintah mengevaluasi portal media online bisa dilihat dari tiga perspektif. Pertama, harus dipahami bahwa Indonesia saat ini adalah negara demokratis, yang salah satu cirinya adalah adanya jaminan kebebasan dalam menyampaikan pendapat, aspirasi, dan informasi apapun.

Apalagi saat ini situasi jauh berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Media untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, dan informasi itu begitu berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedua, dengan berkembangnya cara komunikasi dan interaksi di masyarakat melalui media-media sosial seperti itu, maka pendekatan yang harus dilakukan di dalam mendidik masyarakat guna menerima informasi secara benar, tidak bisa lagi dengan cara-cara primitif seperti zaman dulu dengan pemberedelan, ancam mengancam, hingga tindakan represif.

"Pemerintah harus menemukan cara yang cerdas untuk bisa mengajak masyarakatnya membangun sistemnya sendiri agar bisa mem-filter mana informasi yang benar, baik, dan bermanfaat bagi mereka," kata Doli di Jakarta, Selasa (3/1).

Yang dilakukan oleh pemerintah beberapa waktu lalu dengan membredel sebelas media online, bila itu akan ulangi lagi, maka pemerintahan saat ini jauh lebih buruk dari pemerintahan Orde Baru.

"Ketiga, bila motif pemberedelan karena media-media itu menyampaikan kritik kepada pemerintah. Itu lebih berbahaya lagi. Pemerintah bisa dicap anti kritik, tidak mau mendengarkan aspirasi rakyatnya," lanjut Doli.

Media-media pun menurutnya tidak salah bila menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat tentang adanya indikasi bangkit kembalinya PKI, membanjirnya pekerja ilegal dari China, terancamnya kedaulatan NKRI, tuntutan penegakan keadilan dan hukum.

JPNN.com - Sikap pemerintah menghadapi beragam informasi yang disajikan portal media online disoroti kritis oleh politikus partai Golkar Ahmad Doli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News