Politikus PDIP Nilai Pengawasan TKA asal Tingkok Lemah

Politikus PDIP Nilai Pengawasan TKA asal Tingkok Lemah
Masinton Pasaribu. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu juga menyoroti lemahnya pengawasan dari Direktorat Jenderal Imigrasi terhadap masuknya para tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok.  Sehingga, banyak dari mereka bermasalah dan bekerja secara ilegal.

"Itu monitoringnya yang lemah.‎ Evaluasi itu bisa dilakukan dalam aspek pengawasan. Harusnya ketika kebijakan bebas visa dilakukan, pengawasannya harus ketat," kata Masinton di Jakarta, Kamis (22/12).

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta kebijakan bebas visa yang diberlakukan pemerintah demi meningkatkan kunjungan wisata dari 169 negara, jangan sampai disalahgunakan.

"Jangan sampai menyalahgunakan bebas visa itu. Visa kunjungan tapi aktivitasnya di sini malah kerja. Nah itu kan pengawasannya yang lemah," tegasnya.

Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan terhadap sistem pengawasan bagi masuknya warga asing. Aktivitas mereka di tanah air harus bisa dideteksi dengan cepat. Hal ini, katanya, menjadi kewenangan pihak imigrasi.

"Harusnya pengawasan dari imigrasi lebih cepat. Ditjen Imigrasi kan ada‎. Yang membidangi orang asing kan keimigrasian," pungkasnya.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu juga menyoroti lemahnya pengawasan dari Direktorat Jenderal Imigrasi terhadap masuknya para tenaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News