Politikus PKS Ajak Masyarakat Cermat Memakai Obat

Politikus PKS Ajak Masyarakat Cermat Memakai Obat
Anggota Komisi IX DPR RI Ahmad Zainuddin dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di GOR Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Foto: FPKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Kesadaran masyarakat menggunaan obat secara baik dan tepat sesuai aturan medis masih sangat rendah. Penggunaan obat juga masih marak disalahgunakan.

Anggota Komisi IX DPR RI Ahmad Zainuddin mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kecermatannya dalam penggunaan obat untuk kebutuhan medis.

“Obat di masyarakat masih banyak dipakai keliru dan disalahgunakan. Keliru penggunaan bisa berdampak fatal. Ayo perbaiki mindset menggunakan obat-obatan," ujar Zainuddin dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di GOR Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, kemarin.

Gema Cermat merupakan program Kementerian Kesehatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar.

Menurut Zainuddin, yang pertama harus adanya pemahaman pentingnya menggunakan obat jika sakit. Bahkan dalam agama, lanjut dia, menggunakan obat ketika sakit menjadi wajib karena menghilangkan kemudharatan.

"Pada tahap ini pemahaman masyarakat sudah baik. Sebab masih ada sebagian kecil masyarakat yang merasa tidak perlu obat ketika sakit, apalagi jika sakit ringan seperti sakit kepala. Setiap sakit, Allah turunkan juga obatnya," imbuh politikus PKS ini.

Selain pemahaman, dia melanjutkan, kesadaran dan kepedulian penggunaan obat medis yang baik dan tepat juga harus ditingkatkan.

Karena itu, menurutnya, ada lima hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi obat, yaitu waspada efek samping, minum sesuai dosis, jangan salah cara mengkonsumsinya, minum sesuai petunjuk dan sesuai indikasinya.

Ahmad Zainuddin mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kecermatannya dalam penggunaan obat untuk kebutuhan medis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News