Politisi PDIP Anggap Wajar Jokowi Harus Naik Pesawat Kepresidenan

Politisi PDIP Anggap Wajar Jokowi Harus Naik Pesawat Kepresidenan
Pesawat kepresidenan RI Boeing Business Jet 2 (BBJ-2) mendarat mulus di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (16/4) lalu. Foto: Dok. Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Ahmad Basarah menilai wajar jika presiden terpilih Joko Widodo menggunakan fasilitas pesawat kepresidenan. Pasalnya, pesawat berbasis Boeing B-737-800 itu merupakan bagian dari protokoler.

"Selama itu aturan protokoler seyogyanya diikuti. Apalagi pesawat itu sudah terlanjur dibeli dengan dana APBN," kata Basarah dalam acara diskusi Forum Pemred JPNN di Jakarta, Rabu (27/8) malam.

Seperti diketahui, Jokowi selama ini selalu berusaha tampil sederhana. Termasuk dalam memilih alat transportasi. Mobil dinasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta hanya sebuah Kijang Innova. Ketika bepergian dengan pesawat terbang, politisi PDIP ini kerap memilih duduk di kelas ekonomi.

Tapi, menurut Basarah, setelah menjadi presiden Jokowi tidak bisa sebebas itu dalam memilih kendaraannya. Pasalnya, ada berbagai aturan protokoler yang mengikat kepada presiden.

"Karena itu Pak Jokowi harus dipaksa naik mobil kepresidenan. Walaupun mungkin beliau tidak enak juga kepada rakyat," tutur anggota DPR RI dari Jawa Timur ini.

Basarah juga berharap masyarakat tidak berpikiran negatif kepada Jokowi. Menurutnya, masyarakat harus mulai memahami bahwa Jokowi bukan lagi sekadar pejabat biasa.

"Kita harus bedakan kesederhanaan Pak Jokowi dengan statusnya sebagai simbol negara," pungkasnya. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Ahmad Basarah menilai wajar jika presiden terpilih Joko Widodo menggunakan fasilitas pesawat kepresidenan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News