Polling Pilpres 2019: Bukti Jari Pendukung Prabowo Lincah

Polling Pilpres 2019: Bukti Jari Pendukung Prabowo Lincah
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di sela tes kesehatan di RSPAD, Senin (13/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio punya pandangan sendiri terkait hasil polling Pilpres 2019 yang digarap Iwan Fals lewat Twitter. Hasil polling itu menunjukkan pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih diunggulkan dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menurut Hendri, polling merupakan jajak pendapat. Karena itu, hasilnya tergantung dari populasi responden yang ada, tak peduli apakah itu kredibel atau tidak.

Berbeda dengan survei, responden dipilih berdasarkan seleksi yang cukup ketat dan harus memenuhi sejumlah kriteria.

"Apalagi ini respondennya netizen yang follow akun Twitter-nya Mas Iwan Fals, jadi bebas saja. Mereka yang memilih, yang mau saja, enggak ada batasan," ujar Hendri kepada JPNN, Senin (13/8).

Saat ditanya, apakah hasil polling menggambarkan sikap masyarakat terkini terhadap dua pasangan calon presiden yang ada, pengajar di Universitas Paramadina ini membantah.

"Saya kira ini lebih menggambarkan pendukung Prabowo jarinya lebih lincah saja," ucapnya.

Sementara pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, kata founder lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini, terkesan masih berdiam diri.

"Pendukung Jokowi saya kira telat banget panas mesinnya. Jadi itulah, mengapa di polling Prabowo-Sandi unggul," kata Hendri.

Mesin pendukung Jokowi dianggap belum terlalu panas mengikuti polling Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News