Polres - BPBD Ikut Kirim Bantuan

Polres - BPBD Ikut Kirim Bantuan
Bantuan dari Polres dan BPBD untuk korban tsunami di Sulteng. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Polres dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik ikut mengirimkan bantuan kebutuhan pokok kepada para korban tsunami Sulawesi Tengah. ''Prioritas dikirim kepada korban di Palu dan Donggala," kata Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Gresik Kompol Budi Idayati. 

Jenis bantuan bermacam-macam. Yakni, terdiri atas 1.265 dus air mineral, 2.265 dus mi instan, 114 dus snack, dan masing-masing 5 dus teh celup dan kecap. Bantuan tersebut, lanjut dia, merupakan sumbangan pejabat polres dan polsek di wilayah Mapolres Gresik. 

Tiga kontainer bantuan diberangkatkan pukul 13.00 menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Itu digabungkan dengan bantuan dari seluruh polres lain di Mapolda Jatim. ''Mudah-mudahan bisa sedikit membantu para korban," ujar Kompol Budi. 

Sementara itu, mobil boks berisi logistik diberangkatkan dari kantor BPBD kemarin (3/10). Kendaraan berwarna oranye tersebut berisi beras, mi instan, minyak goreng, hingga selimut.

Kepala BPBD GresikTarso Sagito memimpin langsung pemberangkatan bantuan kemanusiaan itu. "Logistik itu kami kirim lewat BPBP Jatim. Bantuan dari masyarakat dan perusahaan di Gresik," kata Tarso.

Selama ini, lanjut dia, jika terjadi bencana, tim tanggap darurat BPBD Gresik selalu ambil bagian untuk membantu korban bencana. Namun, kali ini pihaknya tidak menerjunkan anggota tim relawan. 

Pasalnya, personel BPBD harus bertahan di Kota Pudak. "Mereka konsentrasi membantu distribusi air bersih dan monitoring desa-desa yang terdampak kemarau panjang. Banyak desa yang alami krisis air bersih di sini," katanya. (mar/yad/c6/dio) 

Selama ini, lanjut dia, jika terjadi bencana, tim tanggap darurat BPBD Gresik selalu ambil bagian untuk membantu korban bencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News