Polresta Surakarta Siapkan Pos Pengamanan dan Cek Poin untuk Nataru

Polresta Surakarta Siapkan Pos Pengamanan dan Cek Poin untuk Nataru
Kapolesta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak bersama jajarannya. Foto : Romensy Augustino/JPNN

jpnn.com, SOLO - Polresta Surakarta menyiapkan pos pengamanan dan cek poin terpadu guna mengantisipasi mobiltas masyarakat yang tinggi saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

"Kami Forkopimda telah merencanakan desain antisipasi kegiatan Nataru di Kota Solo," ungkap Kapolres Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Selasa (30/11).

Kapolres mengatakan, pos-pos pengamanan akan didirikan dekat gereja-gereja yang menyelenggarakan Misah Natal dan tempat-tempat wisata.

Untuk pos cek poin terpadu akan di tempatkan di batas-batas kota dan digunakan sebagai tempat pemeriksaan bagi masyarakat yang diduga sebagai pemudik.

Polresta Surakarta juga akan vaksinasi bagi pemudik yang terbukti belum melakukan suntik vaksin hingga tahap 2.

"Kami akan memeriksa surat keterangan mudiknya, memeriksa apakah sudah vaksin sampai dosis kedua, serta memastikan pemudik terbebas dari covid-19 dengan tes swab," papar Kombes Ade.

Dia menuturkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga akan menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk para pemudik. Rencananya para pemudik wajib melakukan karantina tiga hari.

"Yang paling penting di sini adalah penguatan PPKM Mikro tingkat kelurahan untuk mendeteksi adanya pemudik," jelasnya.

Kapolres Surakarta mengatakan pos-pos pengamanan akan didirikan dekat gereja-gereja yang menyelenggarakan Misah Natal dan tempat-tempat wisata. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News