Polri Klaim Tingkat Kriminalitas Alami Penurunan setelah Lebaran

Polri Klaim Tingkat Kriminalitas Alami Penurunan setelah Lebaran
Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Foto: ANTARA/HO-Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Polri mencatat ada penurunan untuk jumlah kriminalitas setelah Lebaran 2020. Penurunan mencapai 27,03 persen dibandingkan sebelum lebaran.

“Untuk situasi Kamtibmas, data kejahatan pekan ke-20 dengan pekan ke 21 turun sebanyak 1.010 kasus atau 27,03 persen‎,” kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Rabu (27/5).

Ahmad menuturkan, di pekan ke-20 atau sebelum lebaran, jumlah kejahatan tercatat ada 3.736 kejadian. Lalu di pekan ke-21 atau setelah lebaran turun menjadi 2.726 kejadian.

Beberapa kejahatan jalanan seperti pencurian dengan kekerasan hingga pencurian kendaraan bermotor juga turun signifikan di minggu ke 21.

“Penurunan ini diiringi juga dengan menurunnya angka penyalahgunaan narkoba, pelecehan seksual dan penggelapan,” sambung Ahmad.

Padahal sebelumnya, ketika menjelang, jumlah kriminalitas di seluruh Indonesia terus meningkat.

Pada pekan ke-18, Polri mencatat terjadi 3.244 kasus kejahatan‎. Lalu di pekan ke-19 terjadi 3.481 kejahatan atau meningkat 237 kasus.

BACA JUGA: Bripka HI Bikin Malu Korps Bhayangkara, Kapolda Minta Maaf kepada Masyarakat

Polri mencatat ada penurunan untuk jumlah kriminalitas setelah Lebaran 2020. Penurunan mencapai 27,03 persen dibandingkan sebelum lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News