PON XX dan Peparnas XVI Terapkan Sistem Seperti di Tokyo, Apa Itu?

PON XX dan Peparnas XVI Terapkan Sistem Seperti di Tokyo, Apa Itu?
Menpora Zainudin Amali (kanan) saat menggelar talkshow secara virtual. Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali mengungkapkan pihaknya akan meniru sistem yang digunakan pada Olimpiade Tokyo untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua Oktober nanti.

Artinya, dua ajang besar ini akan menerapkan sistem bubble.

Sistem tersebut menurut Menpora Zainudin Amali harus diterapkan karena masih dalam situasi pandemi covid-19 dan kemungkinan penonton belum diperbolehkan datang langsung ke venue pertandingan.

"Kami akan lihat Olimpiade Tokyo nanti bulan Juli ini seperti apa pelaksanaannya. Karena itu sebenarnya kan lebih banyak negara yang yang hadir. Maka, kita akan tiru pelaksanaan dari Jepang itu," kata Menpora Amali, Kamis (1/7).

Menpora memaparkan, sistem bubble yang dimaksud ialah membuat area steril dan tak boleh ada atlet, ofisial, tenaga pendukung, dan peserta lainnya keluar dari area bubble.

"Jadi rutenya itu jelas, dari penginapan ke tempat pertandingan harus terjaga kondisinya, juga akan dijaga ketat, agar tidak ada orang keluyuran ke sana, ke mari. Karena di situ ada potensi untuk prokesnya bisa tidak disiplin," tutur Amali.

Dia mencontohkan dengan Olimpiade Tokyo 2020. Amali menyebut bahwa semua atlet akan ditempatkan di wisma atlet dan tidak boleh ke tempat lain selain ke lokasi pertandingan.

"Kemudian ada NOC guest itu di hotel. Tidak boleh ke tempat penginapan atlet dan hanya bisa dari tempat penginapan ke venue pertandingan, terus-terusan begitu," tandasnya.

Kemenpora memastikan PON XX dan Peparnas XVI 2020 di Papua akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News