Selasa, 21 Mei 2019 – 00:28 WIB

Pondok Pesantren dengan Fasilitas bak Hotel, Pengin Tahu Biaya Masuk dan SPP?

Sabtu, 18 Mei 2019 – 12:12 WIB
Pondok Pesantren dengan Fasilitas bak Hotel, Pengin Tahu Biaya Masuk dan SPP? - JPNN.COM

jpnn.com - Dalam beberapa tahun belakangan, muncul sejumlah pondok pesantren modern yang menyediakan berbagai fasilitas untuk para santrinya. Salah satunya, Pondok Pesantren Tazkia yang berada di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pesantren tersebut memberikan fasilitas bak hotel. Asrama santri, misalnya. Di beberapa pondok lain, satu kamar biasanya diisi puluhan santri. Di Tazkia, satu kamar hanya diisi delapan orang dengan kasur tingkat, loker pribadi, dan kontainer baju.

”Satu kamar tersebut diasuh satu pengasuh. Jadi, pengasuhnya bisa benar-benar fokus pada santri,” jelas Abdul Jalil Mursyid, staf bagian humas di Tazkia.

Bagaimana dengan jatah makan? Dijamin, santri tidak akan kelaparan. Sebab, para santri mendapat makan tiga kali sehari. Jalil menyebutkan, makanan disediakan dengan model prasmanan seperti di restoran atau hotel. Menunya juga berubah-ubah. Dengan begitu, para santri tidak akan merasa bosan.

Ada nasi putih, nasi goreng, nasi uduk, gurami, dan banyak lagi. Bahkan, ada menu masakan Jepang seperti chicken yakiniku dan beef teriyaki. Khusus untuk menu pagi, ada hot milk. Lalu, malamnya ada menu-menu es dan tambahan buah-buahan.

Para santri juga tidak perlu repot mencuci. Sebab, mereka mendapat jatah laundry untuk empat seragam.

Selain soal makanan, gedung asrama maupun sekolah didesain modern dengan warna-warna cerah dan model kekinian. Kesan yang dihadirkan pun bukan seperti sebuah pesantren tradisional yang kondisinya apa adanya. Sekilas, mondok di Tazkia mirip hidup di sebuah guest house.

Dengan segala fasilitas tersebut, biaya masuk Tazkia juga relatif lebih mahal daripada pondok-pondok lain di Jatim. Pondok modern berbasis internasional itu menetapkan biaya masuk sekitar Rp 35 juta. Biaya SPP tiap bulan Rp 3,5 juta.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar