Ponsel Terkena Najis? Begini Cara Menyucikannya

Ponsel Terkena Najis? Begini Cara Menyucikannya
Ilustrasi bermain ponsel. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ponsel atau smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa mengantarkan pengguna melakukan berbagai kegiatan dalam waktu yang bersamaan (multitasking).

Bahkan, kini smartphone menjadi kebutuhan primer karena semua data dan pekerjaan menggunakan perangkat tersebut.

Tak ayal gawai yang berbasis IOS maupun android itu selalu dibawa ke mana-mana, sehingga kerap terjadi insiden jatuh terkena najis.

Lantas bagaimana cara menyucikan smartphone yang terkena najis? Apakah harus diguyur menggunakan air? Padahal air bisa merusak barang elektronik tersebut.

Lalu bagaimana jika smartphone itu tidak tahan air?

Menyikapi hal ini, berpijak dari keterangan Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ syarah Muhadzab, hlm. 2/621, menjelaskan cara menyucikan benda yang terkena najis:

Apabila ada najis yang mengenai benda mengkilap seperti pedang, pisau, kaca dan lainnya, maka tidak bisa suci dengan diusap, dan tidak bisa suci kecuali dengan dibasuh sebagaimana yang lain. Ini adalah pendapat Imam Ahmad dan Dawud. Sedangkan pendapat Imam Malik dan Abu Hanifah berkata: bisa suci dengan diusap.

Pedang yang terbuat dari besi yang mengkilap dan pisau apabila terkena najis itu dapat suci dengan diusap (oleh benda basah dari air suci).

Ponsel selalu dibawa ke mana-mana, sehingga kerap terjadi insiden jatuh terkena najis.

Sumber NuOnline

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News