Popularitas Hamas Melonjak Setelah Perang Gaza

Popularitas Hamas Melonjak Setelah Perang Gaza
Popularitas Hamas Melonjak Setelah Perang Gaza

jpnn.com - Dukungan terhadap Hamas melonjak setelah perang dengan Israel belum lama ini. Kuatnya dukungan tersebut diprediksi Hamas akan mengalahkan seterunya Fatah apabila digelar Pemilihan Umum di Palestina.

Hal itu berdasarkan jajak pendapat Pusat Riset dan Survei untuk Kebijakan Palestina, yang dirilis kemarin.

Hasil survei menunjukkan, lebih dari separuh responden mengatakan perlawanan senjata sebagai ideologi Hamas akan memenangkan Negara Palestina dibandingkan dengan 20 persen suara yang mendukung cara-cara non kekerasan.

Sementara 79 persen responden percaya bahwa Hamas telah memenangkan Perang Gaza, 3 persen yang didukung oleh Israel dan 17 persen mengatakan bahwa kedua belah pihak kalah.

Karena itu, hasil jajak pendapat tersebut menunjukkan Pemimpin Hamas, Ismail Haniya, akan memenangkan Pemilu hampir lebih dari 2 kali suara Mahmoud Abbas dari Fatah dalam 2 kali Pemilihan Presiden.

Memang, sampai saat ini belum ada Pemilihan Umum sejak Hamas memenangkan Pemilihan Umum pada tahun 2007 dan menguasai Gaza.

Hamas telah memenangkan 3 perang melawan Israel sementara Fatah melanjutkan  perundingan-perundingan yang diperantarai oleh Amerika Serikat, yang sejauh ini gagal untuk mengamankan kemerdekaaan Negara Palestina di tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza.

Sementara itu ribuan pendukung Hamas melakukan reli di Ramallah pada Sabtu berjalan tanpa insiden di bawah pengawasan pasukan berseragam Fatah, meskipun Hamas mengeluhkan bahwa beberapa pendukungnya ditangkap setelah itu.

Dukungan terhadap Hamas melonjak setelah perang dengan Israel belum lama ini. Kuatnya dukungan tersebut diprediksi Hamas akan mengalahkan seterunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News