Portofolio Kredit Berkelanjutan BRI Tembus Rp 695 Triliun

Portofolio Kredit Berkelanjutan BRI Tembus Rp 695 Triliun
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan penyaluran itu tercatat tumbuh double digit 13,1 persen secara tahunan (yoy). Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen menjadi lembaga keuangan yang mengedepankan Environmental, Social dan Governance (ESG) di Indonesia.

Hal itu tercermin dari portofolio pembiayaan ESG BRI pada akhir Desember 2022 sebesar Rp 695 triliun, atau setara 67,5 persen dari total kredit yang disalurkan BRI.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan penyaluran itu tercatat tumbuh double digit 13,1 persen secara tahunan (yoy).

Menurut Sunarso, pencapaian tersebut selaras dengan keinginan BRI untuk menjadi Leading Global Bank terbaik dari sisi implementasi ESG.

BRI juga akan terus melakukan kajian secara menyeluruh di berbagai aspek operasi agar ESG bisa diadopsi secara menyeluruh baik dari sisi governance kredit, operasional maupun sosial masyarakat.

“Ini menarik bahwa di dunia ini sekarang banyak investor yang melihat aspek penerapan ESG pada perbankan, utamanya pada tata kelola. Kami pastikan bahwa dalam berbagai program kami, akan selalu menempatkan ESG sebagai beyond regulation," kata Sunarso seperti dikutip Selasa (21/2).

Lebih lanjut, Sunarso memerinci portofolio pembiayaan ESG BRI mayoritas disalurkan kepada sektor UMKM senilai Rp 616,1 triliun, kemudian disusul oleh pembiayaan kepada sektor pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berwawasan lingkungan senilai Rp 51,8 triliun serta pembiayaan kepada sektor energi baru terbarukan senilai Rp 7,1 triliun.

"Salah satu bukti nyata pemberdayaan yang dilakukan oleh BRI yakni melalui Desa Brilian," katanya.

Portofolio pembiayaan ESG BRI pada akhir Desember 2022 sebesar Rp 695 triliun, atau setara 67,5 persen dari total kredit yang disalurkan BRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News