Posisi AHY Masih Level Cawapres, Sulit jadi Capres

Posisi AHY Masih Level Cawapres, Sulit jadi Capres
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon presiden dinilai tetap sulit, meski Prabowo Subianto nantinya batal maju sebagai capres atau malah maju sebagai cawapres berpasangan dengan Joko Widodo.

"Saya kira sama saja, tetap berat bagi AHY menjadi Capres. Karena posisi AHY menurut saya masih pada level cawapres,” ujar pengamat politik Ujang Komarudin kepada JPNN, Jumat (20/7).

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia memprediksi, jika Partai Demokrat tetap memaksakan AHY sebagai capres, peluang partai oposisi untuk bergabung juga sangat kecil.

“Anggap misalnya Prabowo batal maju atau maju sebagai cawapres Jokowi, tetap saja partai oposisi yang lain berat untuk mendukung AHY. Misalnya seperti PKS atau PAN,” ucapnya.

Karena walau bagaimanapun, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Presiden PKS Sohibul Iman, kata Ujang, jauh lebih senior dibanding AHY.

Direktur Indonesia Political Review memprediksi sejumlah parpol juga nantinya bakal beralasan kepemimpinan AHY di pemerintahan belum teruji di pemerintahan.

"Saya kira ada banyak alasan yang bakal dikemukakan sejumlah parpol untuk menolak. Karena dalam politik, elektabilitas itu bukan segalanya,” pungkas Ujang.(gir/jpnn)


Peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi capres tetap sulit, meski Prabowo nantinya batal maju sebagai capres atau malah maju sebagai cawapres Jokowi.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News