Positif atau Negatif Integrasi Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram?

Positif atau Negatif Integrasi Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram?
Facebook. Foto: REUTERS

jpnn.com - Terkait rencana integrasi tiga platform Facebook, WhatsApp dan Instagram yang memungkinkan pengguna mengirim pesan antara aplikasi.

Rencana itu langsung disampaikan bos Facebook Mark Zuckerberg dilansir New York Times. Kabar ini pun juga mendapatkan tanggapan beragam dari masyarakat, terutama dari ahli kriptografi Matthew Green.

BACA JUGA: Facebook Beri Ruang Diskusi Politik Melalui Fitur Baru

Dalam sebuah unggahan bersambung di akun resminya di Twitter, Matthew menjelaskan rencana integrasi bisa berpotensi baik atau buruk untuk keamanan/privasi.

Akademisi dari Universitas Johns Hopkins itu melanjutkan, kekhawatiran utamanya ialah peluncuran enkripsi end-to-end (E2E) yang diperluas dapat menyebabkan WhatsApp menjadi relatif kurang aman daripada Facebook Messenger dan Instagram.

Pasalnya, WhatsApp menggunakan fitur keamanan (E2E) yang sanggup mencegah siapa pun masuk ke dalamnya. Sementara Facebook Messenger hanya mendukung E2E dalam mode "percakapan aman" khusus dan Instagram tidak memiliki enkripsi sama sekali.

Terkait rencana integrasi tiga platform Facebook, WhatsApp dan Instagram yang memungkinkan pengguna mengirim pesan antara aplikasi, mendapat kekhawatiran dari para ahli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News