Positif Covid-19, Jubir Istana Ungkap Pertemuan Terakhirnya dengan Presiden

Positif Covid-19, Jubir Istana Ungkap Pertemuan Terakhirnya dengan Presiden
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto: Ted Aljibe/AFP

jpnn.com, MANILA - Juru bicara Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Harry Roque, mengonfirmasi bahwa dirinya positif terpapar COVID-19. Namun, mengatakan dia belum melakukan kontak dengan pemimpin negara itu sejak menerima hasil tesnya.

Roque mengatakan dia secara teratur menguji dirinya sendiri untuk COVID sebelum bertemu dengan Duterte. Hasil yang dirilis pada Senin itu disebutnya mengejutkan.

Terakhir kali bersama Duterte adalah pada 11 Maret, kata Roque. Dia menambahkan bahwa hasil tesnya negatif sehari sebelum pertemuan itu dan bahwa ia menjaga jarak dengan sang presiden.

Dia mengatakan pada pengarahan kepada media secara virtual bahwa dirinya tidak menunjukkan gejala dan akan terus bekerja dari jarak jauh di fasilitas isolasi.

Berita tentang diagnosis Roque itu muncul ketika Filipina telah mencatat lonjakan kasus COVID-19, dengan hampir 10.000 infeksi baru ditambahkan ke penghitungan total selama akhir pekan.

Peningkatan infeksi telah memicu kekhawatiran bahwa penguncian total kembali akan diberlakukan. Tetapi, Roque mengatakan langkah itu tidak mungkin, setidaknya selama Maret, karena kapasitas rumah sakit negara itu tetap di bawah tingkat kritis.

Tepat setahun lalu, Duterte memberlakukan salah satu penguncian terpanjang dan terketat di dunia di Ibu Kota Manila dan provinsi lain untuk mengekang penyebaran virus corona.

Dia secara bertahap melonggarkan pembatasan untuk menghidupkan kembali ekonomi, yang mengalami kontraksi terburuk dalam catatan tahun lalu.

Covid-19 kembali menembus pertahanan istana kepresidenan, kali ini giliran jubur presiden yang diyatakan positif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News