Kasus Covid-19 di Indonesia Menurun Selama Dua Bulan Terakhir

Kasus Covid-19 di Indonesia Menurun Selama Dua Bulan Terakhir
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin atau BGS menyebut dalam dua bulan belakangan pertambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus menurun.

Penurunan konfirmasi kasus ini, diikuti dengan berkurangnya angka kematian akibat covid-19. Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga terus menurun.

"Kami amati menang dalam satu dua bulan ini mulai terjadi penurunan drastis dari sisi confirm case yang ada di Indonesia," kata BGS dalam rapat kerja antarlembaga dengan Komisi IX tentang Evaluasi Penanganan Covid-19 Setahun di gedung DPR, Jakarta, Senin (15/3).

Menurut BGS, angka konfirmasi kasus positif yang menurun ini memang menjadi tren dunia. Beberapa negara di Eropa dan Amerika Utara juga mengalami tren serupa.

"Jadi di seluruh dunia terjadi penurunan cukup tajam," tutur mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

BGS melanjutkan, pemerintah sedang menguatkan sistem kesehatan sehingga terjadi penurunan kasus konfirmasi positif di Indonesia selama dua bulan belakangan.

Selain itu, pemerintah melakukan strategi deteksi yang tepat dan melakukan penanganan kesehatan terstandar WHO.

"Kemudian berikutnya strategi vaksinasi. Strategi ini yang kami jalankan untuk mengatasi pandemi dengan tujuan mengurangi penularan," beber BGS. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Angka kematian akibat covid-19 di Indonesia terus menurun selama dua bulan terakhir ini.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News