Posko Angkutan Laut Lebaran Masih Berlangsung Hingga Minggu Depan

Posko Angkutan Laut Lebaran Masih Berlangsung Hingga Minggu Depan
Puncak arus balik penumpang pascalebaran memadati dermaga kedatangan Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Kepri, Minggu (2/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com, JAKARTA - Posko Angkutan Laut Lebaran arus balik tetap beroperasi hingga 11 Juli 2017, meski hari ini, Selasa (4/7) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kementerian Perhubungan.

"Posko Angkutan Lebaran Terpadu siang ini sudah ditutup resmi oleh Menteri Perhubungan berdasarkan Instruksi Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 2017. Namun dalam instruksi Menteri tersebut, posko Angkutan Laut Lebaran tetap berjalan hingga H+15," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono.

Hal ini karena angkutan laut memiliki karakteristik khusus dalam lama pelayarannya dan juga masih banyaknya masyarakat yang menggunakan angkutan laut untuk arus balik, terutama ke wilayah Indonesia bagian Timur.

Karena itu, Tonny mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap siap siaga memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan angkutan laut.

Mengingat pergerakan penumpang diprediksi masih tinggi sampai dengan minggu depan hingga berakhirnya masa liburan sekolah.

Tonny juga memerintahkan para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk tidak memberikan izin berlayar bagi kapal-kapal yang tidak laik laut, memuat penumpang melebihi kapasitas kapal, tidak memiliki alat keselamatan yang cukup dan cuaca ekstrem.(chi/jpnn)


Posko Angkutan Laut Lebaran arus balik tetap beroperasi hingga 11 Juli 2017, meski hari ini, Selasa (4/7) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News