Arus Mudik dan Balik Lancar Jaya, Komisi V Apresiasi Manajemen Lalu Lintas Polri

Arus Mudik dan Balik Lancar Jaya, Komisi V Apresiasi Manajemen Lalu Lintas Polri
Kondisi arus balik di Jalan Tol. ILUSTRASI. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi V DPR mengapresiasi kinerja Polri dalam melakukan manajemen lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sebab, dengan bantuan petugas kepolisian di lapangan, sejumlah kepadatan arus lalu lintas berhasil diurai sebelum terjadi kemacetan.

"Saya mengapresiasi kinerja Korlantas," kata anggota Komisi V M Nizar Zahro saat dihubungi, Senin (3/7).

Menurutnya, keberhasilan dalam mengantisipasi kemacetan juga tak terlepas atas koordinasi antara Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Menhub Budi Karya, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Apalagi, program mudik gratis Kemenhub yang mengurangi jumlah pengendara motor pada arus balik.

Nizar juga menambahkan, jalur fungsional Tol Gringsing-Brebes juga ampuh dalam mengantisipasi kemacetan. Meski fungsional, semua pihak juga memperhatikan rest area yang layak digunakan. Hanya saja, dia menyayangkan pemudik bersifat egois dengan berlama-lama di rest area.

"Sangat kami sayangkan pemudik tidak mau berbagi di rest area. Masih banyak pemudik emosional tidak mau bergantian sampai Kakorlantas sendiri itu di Cipali dan tol fungsional menyampaikan imbauan lewat speaker," kata dia.

Lebih lanjut kata dia, petugas kepolisian pun proaktif dalam melancarkan arus lalu lintas. Menurutnya, petugas bersiaga di jalur rawan macet untuk segera dibuatkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan.

"Banyak petugas mengalihkan alur di mana titik kemacetan itu bisa dilaksanakan contraflow sebagai mana di Cipali dan Cikarang Utama.
Artinya di sini ada koordinasi yamg lebih baik dibandingkan arus balik 2016," tandas dia. (Mg4/jpnn)


Komisi V DPR mengapresiasi kinerja Polri dalam melakukan manajemen lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sebab, dengan bantuan petugas


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News