Potensi Lahan Rawa Pasang Surut dan Lebak 5,12 Juta Hektare

Potensi Lahan Rawa Pasang Surut dan Lebak 5,12 Juta Hektare
Pemanfaatan lahan rawa di Kalimantan Selatan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Lahan rawa pasang surut dan lebak yang berpotensi untuk perluasan lahan pertanian, khususnya lahan sawah, sekitar 5,12 juta hektare.

Dari luasan tersebut 1,19 juta hektare berada di kawasan areal penggunaan lain (APL), sekitar 1,18 juta hektar di kawasan HPK (Hutan Produksi Konversi), dan 2,75 juta hektar berada di kawasan HP (Hutan Produksi).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Pending Dadih Permana menyebut, lahan berpotensi tersebut tersebar terutama di 3 pulau besar. Yakni Kalimantan, Papua, dan Sumatera, serta beberapa di Sulawesi.

"Pengembangan dan pemanfataan lahan rawa sebagai sumber lahan produksi pertanian atau pangan didasarkan pada pertimbangan agrofisik dari lahan rawa yang mempunyai berbagai keunggulan komperatif sebagai wilayah pengembangan padi," ujar Dadih.

Keunggulan komperatif tersebut antara lain ketersediaan air yang cukup berlimpah, topografi rawa relatif yang datar sehingga memudahkan dalam penggarapan lahan, dan akses ke lokasi rawa cenderung melalui transportasi air/sungai sehingga diperkirakan lahan pangan rawa tidak mungkin beralih fungsi untuk non pangan.

"Kemudian masyarakat tani lokal  telah memiliki kepiawaian dalam melaksanakan praktik budi daya padi. Ada lahan rawa lebak juga mempunyai keunggulan sebagai kawasan reservoar air yang akan dilepas saat kemarau panjang," tambah Dadih.

Dadih mengakui, terdapat beberapa permasalahan dalam pengembangan lahan rawa untuk pertanian pangan. Misalnya, tingkat kesuburan lahan alami yang rendah, dan kemasaman tanah yang tinggi.

"Tingkat genangan yang tinggi pada musim hujan dan proses pengolahan tanah yang membutuhkan SDM yang tidak sedikit. Sebab, bentangan lahan rawa biasanya cukup luas," jelas Dadih.

Lahan rawa pasang surut dan lebak yang berpotensi untuk perluasan lahan pertanian, khususnya lahan sawah, sekitar 5,12 juta hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News