Potensi Listrik Arus Laut 6 Ribu MW

Potensi Listrik Arus Laut 6 Ribu MW
Potensi Listrik Arus Laut 6 Ribu MW
JAKARTA - Hasil riset Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan, di beberapa wilayah perairan Indonesia yang memiliki arus laut kuat menyimpan potensi energi listrik hingga 6 ribu MW. Wilayah perairan itu terutama di selat-selat yang menghadap Lautan Hindia dan Samudera Pasifik.

Erwandi dari UPT Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika BPPT mencontohkan, di wilayah NTB dan NTT, dari 10 selat yang ada diperkirakan energi listrik yang bisa dihasilkan mencapai 3 ribu MW. Kesepuluh selat dengan arus laut cukup kuat misalnya, Selat Alas, Selat Sape, Selat Linta, Selat Molo, Selat Flores, Selat Boleng, Selat Lamakera, Selat Pantar dan Selat Alor.

"Bila dari satu selat tadi dapat dipanen energi sebesar 300 MW dengan asumsi jumlah turbin 100 buah masing-masing sebesar 3 MW (turbine farm) maka bisa dihasilkan energi listrik hingga 3 ribu MW," kata Erwandi pada seminar Potensi Energi Listrik dari Arus Laut di wilayah NTT dan NTB, di Jakarta, Selasa (26/4).

Padahal di Indonesia masih cukup banyak Selat yang belum dapat terdeteksi potensi arus lautnya, demikian juga dengan sungai yang sangat potensial untuk instalasi turbin arus laut. "Dalam hitungan di atas kertas diduga potensi arus laut di wilayah perairan Indonesia menyimpan potensi energi listrik hingga 6 ribu MW," terang Erwandi.

JAKARTA - Hasil riset Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan, di beberapa wilayah perairan Indonesia yang memiliki arus laut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News