Potret Perayaan Imlek Warga Bangka

Potret Perayaan Imlek Warga Bangka
Perayaan Imlek di Bangka, pertokoan di pusat Kota Sungailiat sebagian besar tutup (ANTARA/Kasmono)

jpnn.com, SUNGAILIAT - Perayaan Tahun Baru Imlek 2573 di sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung nampak aman dan lancar meskipun aktivitas perdagangan di pusat kota nampak sepi, Selasa.

Di Kota Sungailiat, kondisi wilayah cukup aman. Nampak juga beberapa warga melayu berkunjung ke rumah warga keturunan Tionghoa untuk menyampaikan selama Tahun Baru Imlek 2573.

"Warga keturunan Tionghoa tinggal di Bangka jumlahnya hampir sama dengan penduduk asli, hubungan di tengah masyarakat terjalin cukup baik dan saling menghormati," kata salah satu warga Sungailiat, Yanto.

Dikatakan, saat umat Islam merayakan perayaan Idulfitri sebagian warga keturunan Tionghoa juga datang bersilaturahmi seperti halnya masyarakat umum lainnya.

Sikap saling hormat menghormati antarsuku di Kabupaten Bangka kata dia, menjadi simbol keharmonisan yang harus dijaga selamanya.

"Kami setiap perayaan Imlek bersama keluarga selalu datang ke rumah tetangga atau teman Tionghoa yang merayakan Imlek," kata warga Sungailiat lainnya, Roni.

Hanya saja perayaan Tahun Baru Imlek selama pandemi COVID-19, kata Roni tidak semeriah sebelum pandemi virus corona.

"Sebelum pandemi Covid-19, perayaan Imlek cukup meriah bahkan atraksi barongsai banyak digelar di beberapa tempat untuk menghibur warga," jelasnya. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Warga keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek di Bangka jumlahnya hampir sama dengan penduduk asli, hubungan di tengah masyarakat terjalin cukup baik dan saling menghormati.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News