PPDB Jalur Zonasi, Google Maps Sempat Macet

PPDB Jalur Zonasi, Google Maps Sempat Macet
Korwil Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Jatim Eko Mardiono sibuk urusan PPDB 2019. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Hari pertama pendaftaran PPDB (penerimaan peserta didik baru) tingkat SMA di Kota Banjarmasin diwarnai akses google maps yang macet. Padahal penentuan jarak koordinat lokasi rumah dan sekolah menjadi syarat untuk menentukan zonasi pendaftar.

Kasus akses google maps macet terjadi di SMA 5 Banjarmasin. Pendaftaran yang sudah dibuka sejak pukul 8 pagi akhirnya terhambat sekitar satu setengah jam. Para pendaftar pun menumpuk. Baru sekitar pukul 9.30 Wita, google maps akhirnya bisa diakses.

“Ya sempat terkendala karena operator tidak bisa menentukan jaraknya," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Banjarmasin, Mukhlis Takwin, Senin (1/7) pagi.

Dia mengatakan tak bisa menyerahkan ke pendaftar untuk penentuan koordinat. "Khawatir titik koordinatnya tidak pas,” tambahnya.

Mukhlis tak tahu persis apa penyebabnya. Jika permasalahannya pada jaringan, operator bisa mengakses internet. “Google maps-nya saja yang tidak bisa dibuka, kalau jaringan internetnya bisa,” ujarnya.

BACA JUGA: Syifa, Gadis Cantik Penyandang Disabilitas Peraih Summa Cum Laude

Kendala pada akses google maps juga terjadi saat PPDB di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Namun persoalan ini langsung dilaporkannya kepada pihak penyedia layanan internet. “Kita langsung koordinasi dengan pihak pengelola internet untuk menyelesaikan kendala ini,” kata Kepsek SMA Negeri 2, Bakhtiar. (gmp/rvn/ay/ran)


Hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru alias PPDB tingkat SMA di Kota Banjarmasin diwarnai akses google maps yang macet.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News