PPG Madrasah Prajabatan di Depan Mata, Ada Kabar Bagus untuk Guru Muda

PPG Madrasah Prajabatan di Depan Mata, Ada Kabar Bagus untuk Guru Muda
Guru madrasah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Zain menyampaikan estimasi pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan.

Dia menargetkan akhir tahun ini juknis bisa segera launching, sehingga tahun depan PPG madrasah prajabatan bisa terlaksana.

Dikatakan Zain, saat ini dirasa sangat perlu untuk merekrut guru-guru muda potensial dan profesional yang dibekali dengan pendidikan profesi.

Pelaksanaannya mengacu pada Permendikbudristek Nomor 15 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi dan Uji Kompetensi Pekerja Sosial.

"Kemenag akan segera menyesuaikan dengan regulasi terbaru," ujar Zain, Kamis (20/10).

Dia menambahkan perangkat regulasi pelaksanaan PPG madrasah prajabatan telah disiapkan, termasuk rencana pelaksanaan uji publik juknisnya.

Kemenag, kata Zain, telah membentuk tim adhoc PPG prajabatan. Mereka diminta menyusun anggaran serta menyiapkan kuota peserta PPG. Dia berharap PPG prajabatan menjadi kesempatan, baik bagi mereka yang ingin berkontribusi pada kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan di madrasah.

Bagi yang sudah lulus sarjana, fresh graduate, memiliki keinginan dan semangat menjadi guru, lanjutnya bisa mengikuti PPG Prajabatan.

Dirjen GTK Kemenag menyampaikan kapan PPG Madrasah Prajabatan dibuka, peluang besar bagi guru muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News