PPPK Guru Tahap 2 Picu Migrasi Swasta ke Sekolah Negeri, Ada Buktinya

PPPK Guru Tahap 2 Picu Migrasi Swasta ke Sekolah Negeri, Ada Buktinya
Ketua Paguyuban GTT/PTT Kabupaten Kebumen Musbihin merasa risau hatinya. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nasib para guru honorer negeri terancam. Diperkirakan terjadi migrasi guru swasta ke sekolah negeri.

Kondisi ini menurut Ketua Paguyuban GTT/PTT Kabupaten Kebumen Musbihin sudah tergambar dari hasil kelulusan PPPK guru tahap 2 yang diumumkan Kemendikbudristek pada 16 Desember 2021.

Kelulusan PPPK guru ini memang akan diumumkan lagi pada 21 Desember, tetapi tidak mengubah hasil sebelumnya (16 Desember).

"Sejak 17 Desember, air mata saya menetes terus. Banyak guru honorer yang menelepon saya sambil menangis," ungkap Musbihin kepada JPNN.com, Minggu (19/12).

Mereka, kata Musbihin, melapor kalau tidak lulus lagi. Sudah terbayang bagaimana mereka nanti kalau formasinya sudah diisi guru bersertifikasi pendidik yang didominasi guru swasta.

Yang membuat Musbihin makin sedih karena teman-teman GTT lulus passing grade, tetapi kalah ranking dengan guru swasta.

"Sepertinya migrasi guru swasta ke sekolah negeri sudah tampak nyata. Lantas guru honorer negeri mau dibuang ke mana," keluhnya.

Dia menyebutkan salah satu SMP swasta di Kabupaten Kebumen, 15 gurunya ikut tes PPPK guru tahap 2. Hasilnya, semuanya lolos formasi PPPK karena nilainya jauh di atas guru honorer negeri.

Ketua Paguyuban GTT/PTT Kabupaten Kebumen Musbihin risau hatinya karena mulai terjadi migrasi guru swasta ke sekolah negeri dalam PPPK guru tahap dua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News