Prabowo-Gibran Pastikan KIS Cs Bakal Dipertahankan, Plus Makan Siang dan Susu Gratis

Prabowo-Gibran Pastikan KIS Cs Bakal Dipertahankan, Plus Makan Siang dan Susu Gratis
Nusron Wahid. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid membantah isu yang berkembang bahwa pihaknya akan mengalihkan anggaran KIS, KIP, KIP Kuliah, BPJS dan PKH untuk mendanai Program Makan Siang dan Susu Gratis.

Dia memastikan pasangan nomor urut 2 akan tetap mempertahankan program-program Presiden Jokowi tersebut jika nanti mereka keluar sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Semua program yang memberi manfaat bagi masyarakat tersebut akan tetap dilanjutkan. Bahkan sekarang ditambahkan dengan program makan siang dan susu gratis, serta gizi untuk ibu hamil dan anak,” jelas Nusron kepada wartawan, Sabtu (2/12).

Nusron menjelaskan bahwa Program Siang Makan Gratis dan Gizi untuk Ibu Hamil dan Anak sendiri memiliki tiga komponen fungsi, yang mencakup fungsi pendidikan, perlindungan sosial, dan kesehatan.

“Dengan adanya tiga komponen tersebut, salah satu opsi penganggaran adalah dengan melalui anggaran tiga fungsi tersebut. Bisa dengan menambahkan menambahkan anggaran melalui komponen tersebut, jadi bukan pengalihan,” urai Nusron.

Nusron juga menjelaskan, opsi penambahan anggaran tersebut nantinya akan disalurkan lewat fungsi masing-masing komponen.

“Misalnya karena kegiatannya bantuan sosial sebagai penerima PKH, maka angggaran PKH akan ditambahkan. Karena terkait dengan dengan Ibu hamil, maka anggaran kesehatan akan ditambahkan,” dia mencontohkan.

Terkait dengan sumber pembiayaan untuk melakukan penambahan anggaran tersebut, Nusron menjelaskan bahwa hal tersebut akan dilakukan bertahap.

TKN Prabowo-Gibran juga menegaskan kembali komitmennya untuk melanjutkan program-program yang sudah berhasil di pemerintahan sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News