Prabowo-Hatta Klaim Biaya Kampanye Disokong Caleg Terpilih

Prabowo-Hatta Klaim Biaya Kampanye Disokong Caleg Terpilih
Prabowo-Hatta Klaim Biaya Kampanye Disokong Caleg Terpilih

jpnn.com - Duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memilih mengoptimalkan dana dari para kader untuk menyokong biaya kampanye nanti. Tiap caleg yang berhasil masuk Senayan, khususnya dari Gerindra akan ditarik sumbangan untuk pemenangan pilpres.

“Pendanaan dari Gerindra kita minta dari caleg-caleg yang jadi untuk membantu. (Jumlahnya) kami tentukan. Tapi kami tidak bisa publikasikan (jumlah itu),” ujar Ketua Umum Gerindra Suhardi seperti yang dilansir RM Online (Grup JPNN.com), Minggu (25/5).

Suhardi memastikan, jumlah iuran tersebut sudah disepakati antara partai dengan para caleg jadi.

Untuk partai koalisi, Suhardi belum tahu mekanismenya. Dia menduga, mitra koalisi yaitu PAN, PKS, PPP, PBB dan Golkar akan melakukan hal serupa dengan Gerindra. Pasalnya, pendanaan kampanye nanti dilakukan dengan gotong royong.

Di samping dari kader dan mitra koalisi, lanjutnya, pendanaan kampanye nanti juga akan disokong oleh Hashim Djojohadikusumo, adik kandung Prabowo. Menurut Suhardi, selama ini Hashim adalah donatur tetap Gerindra. Makanya, dalam pilpres nanti sudah hampir pasti Hashim akan kembali menyambang.

“Beliau kan pengusaha. Beliau punya banyak usaha di luar negeri. Beliau itu donatur kami sejak dulu. Beliau tentu punya rasa tanggung jawab di pilpres nanti,” jelasnya.

Soal jumlah, Suhardi tidak bersedia mengungkapkannya. Kata dia, sekarang masih dihitung oleh tim. Dirinya sendiri sedang berada di luar kota, sehingga tidak bisa ikut rapat. Yang jelas, tambah Suhardi, dana yang dibutuhkan cukup besar. Mulai dari biaya saksi-saksi, biaya operasional, biaya iklan, dan biaya akomodasi.

Suhardi mengaku senang karena beberapa hari terakhir muncul relawan di beberapa daerah yang bergerak sendiri tanpa mengandalkan dana dari pusat. “Mereka deklarasi sendiri, membuat kaos sendiri, menyediakan akomodasi sendiri. Ini sangat membantu kami,” imbuhnya.

Duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memilih mengoptimalkan dana dari para kader untuk menyokong biaya kampanye nanti. Tiap caleg yang berhasil masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News