Prabowo-Hatta Unggul 3 Provinsi dari Jokowi-JK

Prabowo-Hatta Unggul 3 Provinsi dari Jokowi-JK
Pilpres 2014. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei nasional Indonesia Research Centre (IRC) tidak hanya menempatkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul tipis atas Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Survei itu juga memaparkan wilayah-wilayah yang dikuasai Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK.

"Elektabilitas kedua pasangan sampai saat ini terlihat imbang. Prabowo-Hatta menang tipis di 16 provinsi dan Jokowi-JK unggul di 13 provinsi," kata Manajer IRC Yunita Mandolang dalam pemaparan hasil surveinya di Jakarta Pusat, Senin (30/6).

Dari survei yang dilakukan 14-20 Juni 2014 dengan 1.200 responden itu juga terlihat persaingan sengit kedua pasangan terlihat di empat provinsi, yakni Maluku, Maluku Utara, Jawa Timur dan Lampung. Yunita menjelaskan, kedua pasangan itu juga memiliki peluang yang sama untuk memenuhi salah satu syarat memenangi pilpres, karena telah dipilih oleh lebih dari 20 persen pemilih di lebih 17 provinsi.

"Prabowo-Hatta telah mengumpulkan dukungan lebih dari yang disyaratkan di 28 provinsi, sementara Jokowi-JK telah menjangkau 31 provinsi," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Yunita juga mengatakan, mesin partai pengusung Prabowo-Hatta lebih solid ketimbang pengusung Jokowi-JK.  "Bahkan, dukungan Golkar yang terpecah, mayoritas memilih Prabowo-Hatta sebesar 56 persen. Koalisi pengusung Jokowi-JK belum semuanya menyumbangkan suara mayoritasnya," ungkap Yunita.

Dijelaskannya pula, dari survei itu terlihat Partai Hanura dan Nasdem masih memberi dukungan yang sama besar kepada kedua capres (39,7%). Sementara 56,1 persen pemilih PKB, kata Yunita, justru memilih Prabowo-Hatta meski partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu secara resmi mendukung Jokowi-JK.

“Sedangkan mayoritas pemilih Partai Demokrat (51,3 persen) juga mendukung Prabowo-Hatta,” pungkasnya.(fat/jpnn)


Berita Selanjutnya:
PAN Pilih Tagline Merakyat

Survei nasional Indonesia Research Centre (IRC) tidak hanya menempatkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News