Prabowo: Inilah Inti Masalah Kehidupan Bangsa

Prabowo: Inilah Inti Masalah Kehidupan Bangsa
Debat kedua capres, Jokowi vs Prabowo. Grafis: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, diberikan kesempatan terlebih dahulu menyampaikan visi misinya saat debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2) malam. Dalam debat bertema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur itu, Prabowo tampil penuh percaya diri.

"Malam ini berkumpul di sini membahas masalah penting dalam kehidupan bangsa, yakni infrastruktur pangan energi sumber daya alam. Ini inti masalah kehidupan bangsa dan negara," kata Prabowo yang mengenakan jas dan peci hitam itu.

BACA JUGA: Ledakan Terdengar saat Jokowi Sampaikan Visi Misi

Karena itu, Prabowo dalam visinya menegaskan bahwa untuk menjadi negara berhasil, harus sungguh-sungguh membangun kemandirian, berdiri di atas kaki sendiri. Dia menegaskan bangsa harus melakukan swasembaga pangan, energi, maupun air. Tidak boleh ada impor. "PBB menyatakan bahwa ini adalah masalah utama," katanya.

Menurut Prabowo, negara baru bisa dikatakan berhasil jika bisa memenuhi kebutuhan pangan, energi, dan air tanpa impor bagi rakyatnya.

Mantan Danjen Kopassus TNI AD itu menegaskan bahwa dia akan menjamin tersedianya pangan, sembako, bagi seluruh rakyat Indonesia. Dia menjamin petani, peternak, nelayan, mendapat hasil imbalan memadai.

Prabowo juga berjanji akan menurunkan harga listrik, dan lainnya. Dia akan melakukan penyiapan pupuk sampai kepada petani. "Kami yakin Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri," tegasnya.

Prabowo tidak ingin kekayaan bangsa mengalir ke negara lain. Dia menegaskan, ini bukanlah salah siapa pun. "Tetapi salah kita semua sebagai bangsa," kata mantan Pangkostrad itu.

Debat capres dibukan dengan pemaparan visi misi Prabowo Subianto. Dia memaparkan sejumlah hal yang dianggapnya sebagai masalah inti kehidupan bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News