Prabowo - Sandi Berjanji Prioritaskan Mitigasi Bencana

Prabowo - Sandi Berjanji Prioritaskan Mitigasi Bencana
Tim penyelamat dan penduduk mencari para korban yang selamat dari terjangan tsunami Selat Sunda di sepanjang pantai Lampung Selatan. Foto: Ferdi Awed/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menerangkan, pasangan jagoannya itu bakal memprioritaskan penganggaran negara pada penyediaan perangkat mitigasi bencana apabila terpilih nanti.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting dan menyangkut keselamatan banyak manusia. Dia menyebut, hanya cara itu yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan korban dan kerugian materil akibat bencana alam.

“Nantinya, Pak Prabowo dan Sandiaga bakal memaksimalkan anggaran untuk alat-alat pendeteksi dan early warning system terhadap tsunami dan lain-lain," ujar dia kepada wartawan, Selasa (25/12).

Kemudian, pasangan nomor urut dua pada Pilpres 2019 itu akan meningkatkan kesadaran kolektif bahwa Indonesia merupakan negeri dengan tingkat kerawanan bencana yang sangat tinggi.

"Masyarakat harus paham betul dengan mitigasi bencana dan apa tindakan yang harus dilakukan ketika ada bencana,” imbuh dia.

Dahnil mengatakan, kebijakan negara termasuk selama empat tahun ini tidak pernah memberikan prioritas maksimal pada upaya mitigasi bencana yang maksimal.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menilai, Indonesia bermasalah dengan mitigasi, tanggap dan penanganan bencana, sehingga seringkali korban lebih besar. "Padahal itu semua bisa diminimalisir, dan penanganan selalu lambat," tegas dia. (cuy/jpnn)


Prabowo - Sandi berjanji bakal memprioritaskan penganggaran negara pada penyediaan perangkat mitigasi bencana apabila terpilih nanti.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News