Prabowo - Sandi Dapat Amunisi jika Ahok Deklarasikan Dukungan ke Jokowi

Prabowo - Sandi Dapat Amunisi jika Ahok Deklarasikan Dukungan ke Jokowi
Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/4). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ardian Sopa dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi menggerus elektabilitas Joko widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf). Bahkan, jika Ahok mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi - Ma’ruf, bisa jadi duet bernomor 01 itu akan ditinggalkan pendukungnya.

Adian mengatakan, Ahok memang memiliki banyak pendukung. "Pak Ahok punya masa militan yang dukung dia," kata Ardian di kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (2/4).

Hanya saja, kata dia, mayoritas pendukung Ahok itu telah merapat ke Jokowi. Sebab, pendukung Ahok memiliki kesamaan dengan pemilih Jokowi.

Baca juga:

Ahok Bikin PDIP Ditinggal Pemilih, Masa Sih?

Prabowo Sangat Paham Pancasila, Buktinya Mau Usung Ahok di Pilkada Jakarta

Menurut Ardian, dukungan Ahok secara terbuka kepada Jokowi - Ma’ruf tidak akan mendongkrak elektabilitas duet bernomor 01 tersebut. Bahkan, dukungan Ahok secara terbuka bisa membuat pendukung Jokowi - Ma'ruf yang telah merapat mengalihkan dukungan mereka.

"Kalau dia (Ahok, red) deklarasi dukungan, yang tadinya pemilih sudah ada di Pak Jokowi malah jadi mundur. Karena memang tidak suka dengan Pak Ahok," ucap dia.

Pengamat politik Ardian Sopa menyebut sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi menggerus elektabilitas Joko widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) jika mendeklarasikan dukungan secara terbuka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News