Ahok Bikin PDIP Ditinggal Pemilih, Masa Sih?

Ahok Bikin PDIP Ditinggal Pemilih, Masa Sih?
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Basuki T Purnama. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai penurunan elektabilitas PDIP belakangan ini belum signifikan. Apalagi, jika dikaitkan dengan bergabungnya Ahok.

Namun, Ray tetap menyarankan partai pemenang pemilu 2014 itu tetap waspada supaya elektabilitasnya tidak merosot lebih jauh.

"Jadi saya pikir itu meskipun begitu harus ada langkah yang dilakukan oleh PDIP, tapi belum bisa dijelaskan gara gara (Ahok) itu mereka turun, biasa saja dalam konteks ya biasa sebulan naik sedikit, kemudian turun sedikit," kata Ray kepada wartawan, Minggu (24/2).

BACA JUGA: Tiga Penyebab Elektabilitas PDIP Anjlok, Salah Satunya Ahok

Menurut, Direktur Lingkar Madani tersebut, pemilih muslim juga memahami bergabungnya Ahok ke PDIP. Pasalnya, partai berlambang banteng itu dekat dengan Ahok dan salah satu. parpol pengusung Ahok di Pilgub 2012 dan 2017 lalu.

"Mereka pemilih muslim itu kan sudah tau dari awal bahwa hubungan Ahok dengan PDIP cukup erat, jadi sebetulnya tidak ada unsur keterkejutan jika Ahok masuk dalam PDI Perjuangan. Karena memang sudah dari awal PDIP dan Ahok erat ya," terang Ray Rangkuti.

Untuk diketahui, survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas PDIP menurun tajam beberapa bulan terakhir. Saat ini elektabilitas PDIP tinggal 22,9 persen.

"Penurunan tajam capaian elektabilitas PDIP diperkirakan karena migrasi pemilih muslim ke partai-partai nasionalis lainnya," ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, pada Jumat (22/2).

Bergabungnya Ahok disebut-sebut jadi penyebab merosotnya elektabilitas PDIP belakangan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News