Prabowo Sentil Intelijen, PDIP Singgung Penculikan Aktivis

Prabowo Sentil Intelijen, PDIP Singgung Penculikan Aktivis
Anggota Komisi I DPR dari PDI Perjuangan Charles Honoris. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Charles Honoris menyoroti Pidato Kebangsaan Indonesia Menang Prabowo – Sandi. Pasalnya, dalam pidato itu, calon presiden Prabowo Subianto menyentil intelijen yang dianggapnya menginteli mantan-mantan pejabat.

Dia menilai pidato Prabowo itu mengandung banyak ilusi yang dipengaruhi sejarah masa lalunya. “Salah satunya terkait pernyataan bahwa intelijen negara “jangan menginteli mantan presiden, mantan ketua MPR” dan mantan-mantan yang dia sebut lainnya,” kata Charles di Jakarta, Selasa (15/1).

Charles mengingatkan seharusnya mantan Danjen Kopassus itu paham bahwa intelijen negara saat ini tidak seperti era Soeharto, di mana Prabowo sebagai salah satu petinggi ABRI sekaligus menantu presiden menjadi bagian di dalamnya.

“Sejarah mencatat, di era mertuanya, Prabowo bukan hanya telah menginteli, tetapi juga (diduga) terbukti bertanggung jawab terhadap penculikan para aktivis yang sebagian masih hilang hingga sekarang,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR, itu.

Menurut dia, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, seorang perempuan yang sudah kenyang dinteli dan dibatasi ruang geraknya karena menjadi oposan Soeharto saja tidak pernah teriak-teriak tentang apa yang dideritanya saat itu.

“Lah, ini ada seorang jenderal yang justru pernah menjadi pelaku pada rezim otoriter dulu, sekarang malah berteriak-teriak jangan intelin rekan-rekannya yang sebagiannya juga adalah jenderal. Ini kan lucu. Terlebih Prabowo tidak menunjukkan bukti apa-apa bahwa rekan-rekannya itu telah diinteli,” ujarnya.

Charles mengatakan Prabowo harus ingat sekarang sudah era reformasi dan keterbukaan. Setiap orang yang merasa diinteli bisa menempuh jalur hukum jika mendapat perlakuan sewenang-wenang atau tidak sesuai prosedur oleh aparat negara.

“Lagian Prabowo kan juga punya fraksi di DPR yang bisa melakukan pengawasan terhadap kerja-kerja aparat negara. Jadi jangan dibayangkan sekarang seperti era orba dulu, di mana presiden dan menantu kompak membungkam suara-suara kritis,” pungkas anak buah Megawati di PDI Perjuangan, itu.

Anggota Komisi I DPR Charles Honoris menyoroti Pidato Kebangsaan Indonesia Menang Prabowo – Sandi. Capres Prabowo dalam pidatonya menyentil intelijen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News