Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Hujan Lebat, Gelombang Tinggi, hingga Kebakaran Lahan

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Hujan Lebat, Gelombang Tinggi, hingga Kebakaran Lahan
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca buruk. Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca buruk.

Berdasarkan laman resmi BMKG.go.id prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang hingga kebakaran lahan yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Senin (5/7).

BMKG menyebut potensi hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

"Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat," tulis BMKG.

Sementara itu, BMKG meminta masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk waspada tinggi gelombang yang mencapai lebih dari dua meter atau lebih.

"Gelombang tinggi berpotensi terjadi di Selat Lombok bagian Utara dan Selatan, Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan NTB, dan Selat Sape bagian Selatan," katanya.

BMKG juga menyebutkan sejumlah masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta waspada pada potensi kebakaran lahan.

"Masyarakat di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba diminta mewaspadai angin kencang," tulis BMKG. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca buruk.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News