Pramono Edhie Sindir PDIP soal Cara Cari Capres

Pramono Edhie Sindir PDIP soal Cara Cari Capres
Pramono Edhie Sindir PDIP soal Cara Cari Capres

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Pramono Edhie Wibowo menjamin bakal calon presiden (capres) yang dihasilkan lewat konvensi di partainya pasti berkualitas. Menurutnya, PD tak perlu mengusung capres yang bukan kontestan konvensi.

Pramono mengatakan, konvensi yang diikuti kader maupun non-kader PD itu digelar secara transparan. Bahkan, katanya, dari 11 peserta konvensi hanya empat orang yang tercatat sebagai kader PD.

Karenanya Pramono menegaskan, kedewasaan PD dalam berpolitik tak perlu disangsikan lagi. "Kedewasaan dan keterbukaan Partai Demokrat seharusnya tidak perlu dipertanyakan lagi, mengingat kader Partai Demokrat adalah minoritas dalam konvensi ini,” ujar pria yang juga tercatat sebagai kontestan konvensi capres PD itu dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (8/3).

Pernyataan Pramono itu sekaligus sebagai respon atas politisi senior PDI Perjuangan yang menantang Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar berani mengusung capres di luar peserta konvensi. Sabam dalam sebuah diskusi di Jakarta mengatakan, SBY dan PD sudah semestinya membuka diri dalam hal capres, termasuk kemungkinan mendukung calon yang bukan peserta konvensi.

Namun menurut Pramono, hanya partainya yang berani menggelar konvensi secara terbuka untuk menjaring bakal capres. Seolah menyindir PDI Perjuangan, mantan Kepala Staf TNI AD (KSAD) menilai adanya sebuah ironi jika partai yang mengaku mengusung semangat demokrasi tetapi dalam penentuan capres justru diserahkan sesuai selera ketua umumnya. Seperti diketahui, penentuan capres yang akan diusung PDIP memang diserahkan sepenuhnya ke Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum di partai berlambang kepala banteng dalam lingkaran itu.

Nah, ketertutupan dalam menentukan bakal capres itu yang disebut Pramono tak terjadi di PD. “Partai Demokrat justru mengajak partisipasi masyarakat melalui polling yang dilakukan tiga lembaga survei terpercaya," imbuh mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri itu.

Lebih lanjut ditegaskannya, soal kualitas peserta konvensi pun tak perlu diragukan. Konvensi, sebutnya, diikuti oleh tokoh-tokoh mumpuni seperti Ketua DPR, Ketua DPD, mantan Panglima TNI, menteri dan mantan menteri, mantan duta besar, gubernur, serta akademisi. “Mereka adalah putra terbaik Indonesia yang ada saat ini yang bergabung dalam konvensi capres Partai Demokrat," pungkasnya.(jpnn)


JAKARTA - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Pramono Edhie Wibowo menjamin bakal calon presiden (capres) yang dihasilkan lewat konvensi di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News