Tim BTB Lakukan Aksi Resik dan Distribusi Air Bersih di Sumbar

Tim BTB Lakukan Aksi Resik dan Distribusi Air Bersih di Sumbar
BAZNAS melalui tim BTB melakukan aksi resik dan distribusi air bersih untuk korban terdampak banjir Sumbar. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) melakukan aksi resik dan mendistribusikan air bersih untuk masyarakat terdampak banjir bandang di Sumatera Barat (Sumbar).

Bencana alam ini menyebabkan kerusakan pada rumah, infrastruktur, serta mengancam kesehatan masyarakat akibat terbatasnya akses terhadap air bersih.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menyampaikan, pihaknya terpanggil untuk berperan aktif dan hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

"Kami berkomitmen memberikan bantuan konkret berupa pembersihan lingkungan serta penyediaan air bersih bagi warga yang terdampak,” ujar Saidah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24/5).

Saidah menjelaskan, aksi resik dilakukan bertujuan untuk membersihkan lingkungan dari sisa-sisa lumpur dan sampah yang dibawa arus banjir, serta meminimalisir risiko penyebaran penyakit yang dapat timbul akibat banjir.

Selain melakukan aksi resik, lanjut Saidah, BAZNAS juga berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendistribusikan air bersih.

Menurut dia, ini merupakan langkah penting untuk memastikan ketersediaan air yang aman dan layak bagi masyarakat yang terdampak bencana.

"Kami menyalurkan empat truk tanki air bersih untuk masyarakat terdampak bencana. Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, insyaallah kita dapat meringankan beban mereka dan membantu mereka bangkit kembali,” katanya.

BAZNAS melalui tim BTB melakukan aksi resik dan distribusi air bersih untuk warga terdampak banjir Sumbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News