Pratikno Dorong Kampus Rajin Penelitian Obat-obatan

Pratikno Dorong Kampus Rajin Penelitian Obat-obatan
Ketua Wali Amanat UGM Prof. Pratikno hadir di acara peresmian Gedung Sinar Mas di Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Foto: ist for JPNN

jpnn.com - JOGJAKARTA - Ketua Wali Amanat Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno mengajak kalangan kampus untuk lebih banyak melakukan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat.  Terutama, penelitian soal obat-obatan.

"Masalah obat misalnya, seharusnya bisa jauh lebih murah bila banyak penelitian yang memang bisa bersinergi dengan kebutuhan masyarakat banyak," ujarnya dalam peresmian Gedung Sinar Mas di  Fakultas Biologi UGM Jogjakarta, akhir pekan lalu. 

Masalah kesehatan, menurut Pratikno, harus mendapatkan perhatian lebih dari kalangan kampus karena sangat dibutuhkan masyarakat. “Terlebih biaya pengobatan di Indonesia yang masih sangat tinggi,” terangnya.

Sementara, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto yang bersama Board Member of Sinar Mas yang juga Chairman Sinar Mas Agribusiness & Foods, Franky O Widjaja,  berharap kemitraan ini dapat berkontribusi memperkuat budaya penelitian dan pengembangan yang membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Hadir juga di acara itu Rektor UGM, Dwikorita Karnawati; Wakil Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusiadan Aset, Budi Santoso Wignyosukarto; Dekan Fakultas Biologi UGM, Suwarno Hadisusanto,  dan jajaran civitas akademika UGM beserta perwakilan sejumlah perusahaan swasta lainnya yang turut berkontribusi.

Gedung Sinar Mas seluas lebih dari 5.800 m2 di Padukuhan Sendowo, Sleman terdiri atas 5 lantai. 

Gedung terdiri tiga ruang kelas, laboratorium sistematika tumbuhan, laboratorium fisiologi tumbuhan, laboratorium mikroteknik tumbuhan, laboratorium taksonomi tumbuhan, laboratorium biologi umum, teaching laboratorium, perpustakaan dan ruang monitoring. 

Peletakan batu pertama dilakukan pada 13 Juni 2015 silam. Gedung Sinar Mas di Fakultas Biologi UGM ini merupakan gedung ramah lingkungan yang pertama di Yogyakarta.

JOGJAKARTA - Ketua Wali Amanat Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno mengajak kalangan kampus untuk lebih banyak melakukan penelitian yang bermanfaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News