Pray for Sulteng, Jokowi Naik Pesawat TNI AU Menuju Palu

Pray for Sulteng, Jokowi Naik Pesawat TNI AU Menuju Palu
BERTOLAK KE PALU: Presiden Joko Widodo jelang bertolak menuju Palu dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (30/9). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, SOLO - Presiden Joko Widodo bertolak ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Jokowi -panggilan kodangnya- berangkat dari Solo menuju Palu menggunakan pesawat TNI AU.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi memutuskan untuk meninjau langsung kondisi di Sulteng khususnya Kota Palu pascagempa dan tsunami pada Jumat (28/9) sore. Prioritas saat ini adalah evakuasi korban dan penyaluran bantuan.

“Presiden akan memberikan arahan terkait prioritas yang harus dilakukan, serta keputusan yang diperlukan terkait dengan dampak bencana di lapangan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan juga pengiriman bantuan,” ucap Pratikno.

Penanganan dan koordinasi pascabencana di Palu menghadapi persoalan akibat jalur komunikasi yang putus. Oleh karena itu Presiden Jokowi ingin melihat langsung kondisi di lapangan.

Presiden Jokowi beserta rombongan berangkat ke Palu dari Bandara Adi Soemarmo menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI AU. Pesawat pembawa rombongan kepala negara lepas landas pada pukul 10.07 WIB.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, kondisi landas pacu Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu tak memungkinkan didarati pesawat kepresidenan. Oleh karena itu, Presiden Jokowi menggunakan Boeing 737-400 TNI AU.

“Landasan pacu yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari 2.400 meter landasan pacu yang ada. kemarin saya bersama rombongan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-400,” ucap Hadi.

Setibanya di Kota Palu, Jokowi akan meninjau beberapa lokasi yang terkena dampak gempa dan tsunami. Antara lainPantai Talise, Perumahan Balaroa, dan Rumah Sakit Wira Buana.

Presiden Joko Widodo bertolak ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah untuk meninjau langsung kondisi pascagempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News