Prediksi Bang Ray Soal Capres yang Mendominasi di Pilpres 2024

Prediksi Bang Ray Soal Capres yang Mendominasi di Pilpres 2024
Tangkapan Layar Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti (kanan) memberi paparan pada sesi diskusi virtual yang diadakan oleh PARA Syndicate sebagaimana diikuti di Jakarta, Rabu (7/7/2021). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menyebut dugaannya soal kondisi pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Bang Ray menduga tokoh-tokoh yang berpotensi mengemuka sebagai kandidat presiden maupun wakil presiden kemungkinan hanya didorong oleh kepentingan pragmatisme.

Dia memprediksi capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan didominasi pimpinan dan kader partai politik, meskipun ada tokoh-tokoh kepala daerah yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas cukup tinggi.

Ray juga menyebut kontestasi politik di Indonesia sejak periode kedua Pemerintahan Presiden Joko Widodo didominasi kelompok partai politik.

Karena itu tingkat elektabilitas dan popularitas bukan faktor utama yang menentukan bursa capres-cawapres nantinya.

Menurut Ray, tingkat popularitas merupakan sesuatu yang dapat diusahakan lewat kerja-kerja para kader di internal partai.

Jaringan media yang turut dikendalikan sejumlah pimpinan partai politik, serta modal-modal lainnya.

“Jadi mesin popularitas itu bisa digerakkan sedemikian rupa,” kata Ray dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (7/7).

Bang Ray mengungkapkan prediksinya terkait capres dan cawapres yang mendominasi pada Pilpres 2024 mendatang.

Sumber ANTARA