Prediksi BMKG, Hujan Lebat Bakal Melanda Sejumlah Wilayah Ini

Prediksi BMKG, Hujan Lebat Bakal Melanda Sejumlah Wilayah Ini
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan terjadi pada hari ini di sebagian wilayah Indonesia hari ini, Minggu (27/8). Foto: JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan terjadi pada hari ini di sebagian wilayah Indonesia hari ini, Minggu (27/8).

BMKG menyebut hujan lebat dipengaruhi oleh adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina.

Prakirawan BMKG Idhan Abubakar mengatakan siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum sebesar 85 knot atau setara 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 955 milibar yang bergerak ke arah selatan.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, peningkatan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis tersebut," kata Idhan dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Selain hujan, siklon tropis Saola memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter.

Daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari wilayah barat Samudera Hindia di Sumatera Barat hingga Aceh, laut China Selatan, dari Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi, Laut Maluku, dan Papua bagian tengah.

Idhan menuturkan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sepanjang daerah konvergensi.

Peningkatan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat hingga selatan Nusa Tenggara Timur, dari Teluk Karpentaria hingga Laut Flores, dari Laut Arafuru hingga Laut Maluku.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan terjadi pada hari ini di sebagian wilayah Indonesia hari ini, Minggu (27/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News