Prediksi Mi6 soal Pemilu Legislatif 2024, Sorot Dapil NTB dan Nasib Partai Baru

Prediksi Mi6 soal Pemilu Legislatif 2024, Sorot Dapil NTB dan Nasib Partai Baru
Ilustrasi pencoblosan saat Pemilu. lustrasi/foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, MATARAM - Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 memprediksi bahwa Pemilu 2024 akan terjal bagi partai pendatang baru. 

Kursi DPR RI dari NTB diyakini masih akan digenggam oleh partai pemegang parlemen threshold saat ini. 

Hal itu karena ajang pertarungan bagi partai baru ini diyakini hanya sampai pada level DPRD kabupaten dan DPRD Provinsi.

"Pemilu 2024 akan menjadi sangat sulit bagi partai pendatang baru, apalagi untuk partai yang fakir investasi sosial," kata Direktur Mi6 Bambang Mei Finarwanto, Selasa (13/2).

Mantan ekskutif Walhi NTB dua periode yang kerap disapa Didu ini menegaskan, pendatang baru yang percaya diri meraih dukungan dengan hanya mengandalkan nama besar dari tokohnya, hanya akan terjebak pada romantisme masa lalu. 

Karena itu, Didu menilai, jika kini ada partai pendatang baru di NTB yang memasang target tinggi, sebetulnya akan sangat mudah dinilai oleh publik. 

"Sebagai sebuah wacana, hal tersebut sah-sah saja. Namun, khalayak juga sudah punya kalkulasi tersendiri, terhadap apa yang realistis dan tidak," sebut Didu. 

Menurutnya, partai baru jelas membutuhkan kerja-kerja mesin partai yang benar-benar extra. 

investasi sosial menjadi pembeda yang jelas antara partai politik pendatang baru dengan partai yang telah lebih dulu eksis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News