Presiden Bimbang, Indonesia Masuk Daftar Negara Gagal

Presiden Bimbang, Indonesia Masuk Daftar Negara Gagal
Presiden Bimbang, Indonesia Masuk Daftar Negara Gagal
JAKARTA - Politisi Golkar, Bambang Soesatyo mengungkapkan saat ini nama negara Indonesia terdaftar dalam Indeks Negara Gagal atau Failed States Indeks (FSI) di dunia. Indonesia menempati urutan ke 63 dari 177 negara.

"Dalam indeks itu, makin kecil sebuah peringkat negara, maka semakin gagal negara tersebut," ujar Bambang sebelum acara peluncuran bukunya "Republik Galau, Presiden Bimbang, Negara Terancam Gagal" di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Menteng, Minggu (21/10).

Rapor FSI ini, tuturnya, menempatkan Indonesia tidak lebih baik dari Singapura, Brunei Darusallam, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Posisi Indonesia hanya di atas negara seperti Myanmar, Kamboja, Laos, Filipina dan Timor Leste.

Indeks ini, kata, Bambang dirilis oleh Fund for Peace, organisasi penelitian dan pendidikan non profit yang bermarkas di Washington DC. Organisasi ini membuat indikator negara gagal berdasarkan aspek sosial, ekonomis, dan politik-militer.

JAKARTA - Politisi Golkar, Bambang Soesatyo mengungkapkan saat ini nama negara Indonesia terdaftar dalam Indeks Negara Gagal atau Failed States Indeks

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News