Presiden dan Menko PMK Pastikan Pelabuhan Merak Siap Melayani Mudik 2023

Presiden dan Menko PMK Pastikan Pelabuhan Merak Siap Melayani Mudik 2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kabar baik saat mengecek kesiapan Pelabuhan Merah. Foto: Dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan jajarannya meninjau kesiapan fasilitas Pelabuhan Merak dalam menyambut mudik Lebaran Idulfitri 1444 H pada Senin (11/4).

Didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy Presiden Jokowi menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk memastikan Pelabuhan Merak dan akses jalan tolnya siap digunakan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik tahun lalu, utamanya di jalan tol dan Pelabuhan Merak. Saya hadir disini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan betul-betul sudah dalam situasi yang siap,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip di Jakarta, Rabu (12/4).

Presiden Jokowi mengatakan pada mudik Lebaran 2022 terdapat masalah kepadatan lalu lintas di Jalan Cikuasa Bawah dan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak, serta kurangnya kapasitas kapal.

“Saya ingatkan semuanya yang ingin mudik hati-hati ada lompatan yang besar dari jumlah masyarakat yang mudik, dari 86 juta ke 123 juta, artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Presiden ingin agar lonjakan pemudik bisa diantisipasi.

Pemerintah pun telah menambah jumlah dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan beroperasinya Pelabuhan Ciwandan yang menjadi pelabuhan alternatif penyeberangan menuju Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan jajarannya meninjau kesiapan fasilitas Pelabuhan Merak dalam menyambut mudik Lebaran Idulfitri 1444 H

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News