Presiden Diminta Keluarkan Keppres Hari Bersepeda Nasional

Presiden Diminta Keluarkan Keppres Hari Bersepeda Nasional
Gowes Pesona Nusantara. Foto: Asdep Olahraga Rekreasi Kemenpora

jpnn.com, SRAGEN - Ratusan komunitas sepeda se-tanah air mendeklarasikan hari bersepeda nasional dan meminta pemerintah untuk segera menerbitkan keputusan Presiden terkait peresmian hari bersepeda nasional di Stadion Taruna, Sragen, Minggu (19/11).

Permintaan tersebut dibacakan ratusan komunitas sepeda yang menamakan dirinya masyarakat sepeda Indonesia. Dipimpin oleh Aditya Iman, mereka membacakan ikrar tersebut dengan disaksikan dan diikuti oleh 15300-an pegowes yang baru saja menyelesaikan etapa ke-90 Gowes Pesona Nusantara kota Sragen.

"Kami memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk berkenan menetapkan hari bersepeda nasional melalui keputusan presiden (Keppres)," katanya lantas diikuti ikrar deklarasi belasan ribu pegowes lainnya.

Mereka juga meminta, deklarasi yang dibacakan pada 19 November ini, bisa dicanangkan sebagai hari bersepeda nasional. Pasalnya, dengan program Gowes Pesona Nusantara, bisa dirasakan dan dijaring animo dari masyarakat bawah untuk segera ada hari bersepeda nasional.

Setelah mendengarkan deklarasi dan ikrar untuk segera menetapkan hari bersepeda nasional dengan Keppres, Menpora Imam Nahrawi yang hadir menyaksikan sebagai bentuk kehadiran pemerintah kemudian naik ke atas panggung.

Dia juga melihat, dengan hadirnya ratusan komunitas sepeda dan pegowes di Sragen, menegaskan bahwa keinginan dari bawah untuk segera ada hari bersepeda nasional sangat besar.

"Nanti, saya sebagai pembantu Presiden akan segera melaporkan dan juga turut mendorong agar keinginan besar dari bawah ini bisa diterima Presiden Jokowi dan bisa menerbitkan aturan atau Keppres-nya," terang Imam.

Sebagai bentuk dukungan, Bupati Sragen Yuni Sukowati Kusdinar yang mendampingi Imam Nahrawi langsung memastikan, pada pekan depan akan membuat hari Jumat sebagai hari wajib bersepeda bagi seluruh pegawai di Pemkab Sragen dan seluruh instansi pemerintahan.

Permintaan tersebut dibacakan ratusan komunitas sepeda yang menamakan dirinya masyarakat sepeda Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News