JPNN.com

Presiden Joko Widodo Resmikan 1.113 BLK Komunitas

Senin, 30 Desember 2019 – 18:28 WIB
Presiden Joko Widodo Resmikan 1.113 BLK Komunitas - JPNN.com
Peresmian 1.113 BLK Komunitas. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, KENDAL - Presiden Joko Widodo meresmikan 1.113 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas se-Indonesia tahun 2019. Tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan pembangunan 2000 BLK Komunitas di seluruh Indonesia.

"Untuk mewujudkan SDM yang memiliki keterampilan dan kualifikasi yang baik, salah satu upaya pemerintah yakni membangun banyak BLK komunitas di seluruh Indonesia," kata Presiden Jokowi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fadlu2, Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12).

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menjelaskan di era persaingan saat ini, kompetisi antarnegara sangat ketat. Terjadi adu ekonomi, adu pintar-pintaran antarmanusia. "Begitu manusianya, begitu SDM-nya kalah, ya sudah ditinggal oleh negara lain. Kita ga mau Indonesia ditinggal oleh negara lain, " katanya.

Dikatakan Jokowi, seluruh negara sekarang ini juga sedang beradu skill dan kompetisi untuk menjadikan SDM yang unggul. "Bukan ijazahmu apa? Bukan adu ijazah sekarang. Tapi adu keterampilan, adu skill dan kompetensi," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan, BLK Komunitas merupakan program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan (hard skill) santri atau siswa dari lembaga pendidikan keagamaan lainnya serta masyarakat di sekitarnya.

Penentuan kejuruan di BLK Komunitas sudah berdasarkan pada permintaan pihak penerima bantuan agar tepat sasaran. Disamping itu, penentuan kejuruan ini, disesuaikan link and match dengan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas. 

"Kejuruan pelatihan yang dikembangkan harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha. Sehingga pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran," ujar Joko Widodo seraya mengarahkan agar mentor, instruktur, maupun pelatih di BLK Komunitas disiapkan untuk mengajarkan beragam ilmu kejuruan.

"Semoga acara ini menjadi langkah awal untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Saya berharap BLK Komunitas menjadi tempat awal pembangunan SDM Indonesia unggul dimulai," ujar Presiden Jokowi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo