Presiden Jokowi Berpidato dalam Bahasa Indonesia di Parlemen Australia

Presiden Jokowi Berpidato dalam Bahasa Indonesia di Parlemen Australia
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato di depan sidang gabungan DPR dan Senat Australia di gedung parlemen di Canberra, Senin (10/2/2020). (ABC News: Ian Cutmore)

Pidato Presiden Joko Widodo di depan sidang gabungan Parlemen Australia, Senin (10/2/2020), berjalan lancar dan disampaikan dalam Bahasa Indonesia. Perdana Menteri Scott Morrison bahkan mengutip pepatah, "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing".

Jokowi tiba di ruang sidang sekitar Pukul 11:35, molor beberapa menit dari jadwal 11:30 waktu setempat. Ia kemudian menempati kursi di sebelah kiri Ketua DPR Tony Smith yang bertindak memimpin rapat.

PM Morrison yang diberi kesempatan terlebih dahulu untuk berpidato, menyambut Presiden Jokowi dengan ucapan dalam Bahasa Indonesia, "Selamat datang".

"Presiden Widodo, Anda bersama kami di sini di rumah demokrasi kami sebagai pemimpin dari negara tetangga terpenting dan sebagai sahabat tercinta," ujarnya.

"Tak lama setelah saya jadi Perdana Menteri, dalam kunjungan perdana ke luar negeri, saya mendatangi sekolah dengan murid-murid yang antusias," ujar PM Morrison.

Ia pun, katanya, memutuskan untuk bercerita ke mereka sebagaimana yang biasa dilakukan politisi Australia kalau berkunjung ke sekolah.

Presiden Jokowi Berpidato dalam Bahasa Indonesia di Parlemen Australia Photo: PM Scott Morrison menceritakan pengalamannya berkunjung ke salah satu sekolah di Indonesia saat menyambut Presiden Jokowi di Parlemen Australia, Senin (10/2/2020).

 

"Saya ceritakan tentang seseorang yang akan saya temui hari itu," katanya.

Pidato Presiden Joko Widodo di depan sidang gabungan Parlemen Australia, Senin (10/2/2020), berjalan lancar dan disampaikan dalam Bahasa Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News