Presiden Jokowi Bicara ini di Pentas Kongres Kebudayaan...

Presiden Jokowi Bicara ini di Pentas Kongres Kebudayaan...
Presiden Joko Widodo berbicara pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Pahlawan yang diselenggarakan GP Ansor di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (22/11). Ilustrasi : Biro Pers Setpres

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan, Indonesia adalah bangsa besar yang dibangun di atas keragaman budaya, agama, bahasa, etnis dan suku-bangsa yang direkat dengan Pancasila.   
 
“Keragaman budaya dan Pancasila adalah identitas bangsa Indonesia,” kata Jokowi, saat berpidato di acara Kongres Kebudayaan 2018, di Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (9/12) malam.

Presiden mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus aktif meluhuri dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.

“Kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta peradaban bangsa Indonesia lahir dari pengalaman panjang menghadapi perkembangan zaman dan upaya dalam memecahkan persoalan-persoalan yang ada.Untuk itu, menjaga budaya untuk terus tumbuh di tengah interaksi belantara budaya-budaya dunia adalah tantangannya.”

Menurut dia, bangsa Indonesia memiliki kekhasan sendiri dibanding bangsa-bangsa lain. 

Dan merupakan tanggung jawab Pemerintah beserta seluruh elemen bangsa untuk mengorkestrasi upaya membangkitkan optimisme yang mampu menggugah rasa nasionalisme dan kebanggaan menjadi Indonesia.

"Kita harus selalu ingat untuk terus aktif meluhuri kebudayaan Indonesia, kebudayaan nusantara dan sekaligus menguatkan dan mengembangkannya dalam menghadapi perkembangan zaman," katanya.

Sebagaimana diketahui, semenjak kemerdekaannya diproklamasikan pada 1945, Republik Indonesia baru memiliki Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan pada 2017. 

Dan UU Pemajuan Kebudayaan No. 5 Tahun 2017 tersebut, diharapkan menjadi arah pemajuan kebudayaan nasional. Serta memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa.

Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus aktif meluhuri dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News