JPNN.com

Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI dan Polri

Selasa, 14 Juli 2020 – 14:49 WIB
Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI dan Polri - JPNN.com
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2020 yang bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (14/7). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2020 yang bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (14/7).

Dalam acara itu, pria yang akrab disapa Jokowi itu juga melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja), yang berjumlah 750 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Yusuf Hanafi (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Yohana Bernadeta Winda Sekar Ayu Armanda (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Katolik, Maichel Triantonov (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Protestan, dan Luh Ayu Gitavira Sarasvati (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Jokowi mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Para perwira yang dilantik Jokowi itu terdiri atas 457 perwira dari TNI dan 293 perwira dari Polri.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasari pada Surat Keputusan Presiden Nomor 55 TNI Tahun 2020.

Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 56 Polri Tahun 2020.

Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan, dan kepolisian sebagai bagian dari kepatuhan terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha