Presiden Minta Jajaran Menteri Pantau Rupiah

Presiden Minta Jajaran Menteri Pantau Rupiah
Presiden Minta Jajaran Menteri Pantau Rupiah

jpnn.com - JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terus memantau perkembangan nilai tukar rupiah. Hal ini disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmansyah saat dihubungi wartawan pada Jumat, (29/11). Selain memantau, kata dia, Presiden juga meminta semua jajaran menteri dan kepala lembaga terkait untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Diminta untuk antisipasi, tetap koordinasi dengan otoritas moneter, pengawasan industri keuangan, perlindungan, penjamin simpanan dan kementerian keuangan. Semua diminta terus berkomunikasi, ada bagian fiskal dan bagian moneter," ujar Firmansyah.

Menurutnya, salah satu langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan menaikan BI rate untuk stabilitas. Namun, kata dia, langkah ini tentu akan memberi dampak pada pertumbuhan ekonomi saat ini.

"Selain itu, kebijakan untuk mengurangi impor diesel, dengan bauran biofuel harus dilakukan. Kementerian, BUMN, termasuk, asosiasi kepala sawit juga diminta lakukan perbaikan transaksi neraca perdagangan," lanjutnya.

Presiden menginstruksikan agar mata uang regional terus dipantau dan dievaluasi. Hal ini berguna untuk menjaga daya beli masyarakat dan  investasi yang berjalan di Indonesia saat ini tetap stabil. (flo/jpnn)


JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terus memantau perkembangan nilai tukar rupiah. Hal ini disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News